4 Tips Merawat Gigi Anak yang Baru Tumbuh

Ketika gigi anak mulai tumbuh untuk pertama kalinya, kita sebagai orang tua pasti merasa senang hingga tak mau melewatkan momen untuk mengabadikannya. Giginya akan tumbuh satu persatu dan akhinya mulai lengkap, kita juga tentunya tidak ingin gigi anak rusak dan tanggal satu persatu, bukan? Jangan biarkan giginya mengalami kerusakan diusianya yang belum beranjak besar.

4 Tips Merawat Gigi Anak yang Baru Tumbuh

Biasanya ketika gigi anak mulai tumbuh, anak akan rewel, tidak cukup untuk mengatasi rewelnya saja, tetapi perawatan gigi anak harus dilakukan sedini mungkin. Berikut Tips yang dapat membantu merawat gigi anak agar tetap sehat dan tidak mengalami kerusakan.

  1. Mulai menyikat gigi dan cara menyikatnya

Ketika gigi anak sudah mulai tumbuh, anda bisa menyikat giginya dengan kain yang sebelumnya telah dibasahi air caranya dengan memasukan telunjuk anda pada kain yang telah dibasahi tadi, atau bisa juga menggunakan sikat gigi khusus dengan bahan lembut terbuat dari karet yang dapat dimasukan pada telunjuk anda.

Jika gigi sudah tumbuh lebih dari 8 buah, merawat giginya sudah mulai bisa pakai sikat gigi khusus yang bulu sikatnya sangat halus, pada pemakaian awal lebih baik tidak menggunakan pasta gigi terlebih dahulu. Gunakan air matang untuk kumur kumur, biasanya anak suka menelan air bekas kumur kumurnya.

Ketika usianya sudah mulai masuk satu tahun lebih, anak sudah bisa menyikat gigi sendiri, gunakan pasta gigi khusus anak, biarkan anak menyikat giginya sendiri tetapi masih dalam pengawasan orang tua, dan juga ajari anak cara menyikat gigi yang baik, kemudian ajari berkumur dan meludah agar nanti anak sudah mulai terbiasa tidak menelan busa dari pasta gigi atau air kumurnya.

Cara menyikat gigi yang baik adalah dengan menaruh sedikit pasta gigi pada sikat. Sikat dengan cara memutar, ke atas kebawah, jangan lupa untuk menyikat gigi bagian belakangnya dan kemudian gosok lidahnya.

  1. Kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis

Anak biasanya menyukai makanan dan minuman yang manis, tetapi jika anak sering mengkonsumsinya, itu tidak baik bagi kesehatan gigi dan kadar gula dalam darahnya, anda harus bisa membatasinya. Berikan jus buah yang rasa manisnya murni terdapat dalam buah tersebut, berikan pada waktu makan saja.

  1. Atur waktu untuk menyikat gigi

Biasanya anak sangat malas untuk menyikat gigi, maka dari itu kita harus mengajarkannya sejak gigi pertamanya mulai tumbuh, agar anak terbiasa menyikat gigi. Kemudian kita harus mengatur waktu menyikat giginya, usahakan pagi sesudah sarapan, dan malam sebelum tidur.

  1. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Perawatan gigi anak anak juga harus dibarengi dengan pemeriksaannya yang rutin. Kenalkan anak pada dokter gigi sejak gigi sudah mulai tumbuh agar anak terbiasa dengan dokter gigi tersebut, dan kita juga akan dijelaskan lebih detailnya cara merawat gigi si anak. Mulailah membuat janji pada dokter gigi setiap enam bulan sekali, dengan pemeriksaan rutin masalah gigi dapat tertangani, agar gigi anak tidak mengalami terjadinya kerusakan yang menyebabkan giginya tanggal satu persatu

Jika kita sudah mengajarkan cara merawat gigi pada anak sejak kecil, anak akan terbiasa melakukannya. Seperti poin diatas cara dan waktu yang tepat untuk menyikat gigi itu juga sangat penting. Ajaklah anak berbicara dan jadikan kegiatan menyikat gigi sebagai hal yang mengasyikan dan membuat anak senang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *