5 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

5 Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi

Penyakit Pilek bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk orang dewasa, anak – anak, bahkan bayi. Kita sebagai orang tua yang memiliki bayi, baik yang baru lahir atau bayi yang sudah berumur beberapa bulan, pasti merasa cemas bila suatu penyakit menyerang sistem imun si bayi, bukan? itu dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi yang belum sempurna dan kuat untuk melawan penyakit, sehingga sangat rawan terkena penyakit termasuk pilek.

Penyakit pilek seperti ini ditandai dengan keluarnya lendir yang keluar dari dalam hidung, dan lendir yang keluar biasanya berwarna jernih, kekuningan, atau bahkan kehijauan, pilek juga biasanya dibarengi dengan demam pada bayi. Lakukanlah beberapa tindakan untuk mengatasi penyakit pilek pada bayi seperti:

  1. Berikan ASI

Memberikan ASI eksklusif sangat penting untuk bayi, selain bermanfaat sebagai obat alami, ASI yang keluar pertama kali juga mengandung gizi – gizi, dan zat – zat yang meningkatkan sistem pertahanan tubuh, juga mencegah terjadinya dehidrasi pada bayi.

  1. Tempatkan Bayi di ruangan tanpa AC

Menempatkan bayi diruangan ber AC akan menyebabkan hidungnya tersumbat, bila bayi lebih nyaman di ruangan yang cukup sejuk, maka jangan lupa kurangi volumenya agar tidak terlalu dingin, manfaatkan juga uap air panas dan gunakan aromaterapi supaya lebih mudah melegakan pernafasan bayi.

  1. Bersihkan hidung Bayi dari lendir

Bayi umumnya masih bernafas menggunakan hidung, Jika pilek sudah sangat menganggu pernafasannya, gunakan alat penyedot lendir untuk bayi, sebelumnya lendir diencerkan dulu, ada beberapa cara untuk mengencerkan lendir pada bayi misalnya, bisa dengan meneteskan sedikit air garam atau air biasa pada lubang hidung bayi, kemudian sedot menggunakan alat khusus penyedot lendir bayi tersebut. Jika ada lendir yang mengeras bisa dibersihkan pelan – pelan dengan menggunakan air hangat. Agar tidak terjadi iritasi pada hidung bayi, gunakan petroleum jelly dan oleskan pada bagian luar lubang hidung. Apabila anda ingin mengatasi lendir yang tersumbat pada bayi dengan cara yang alami, anda juga bisa memijit hidung dan sekitarnya dengan lembut.

  1. Turunkan demam

Biasanya pilek pada bayi selalu disertai dengan demam, bayi akan sangat merasa tidak nyaman dengan kondisi pilek disertai demam, itu akan membuatnya menangis dan menjadi rewel, bahkan sulit untuk beristirahat, maka kita bisa menurunkan demam bayi seperti menurunkan demam pada anak dengan cara memakaikan baju pendek dan tipis, mengompres tubuh bayi dengan air hangat, dan seperti poin pertama disebutkan yang paling terpenting memberikan ASI, juga bisa memberi minum air putih, agar anak tidak mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh.

  1. Istirahat

Biasanya Bayi sulit untuk tidur dalam kondisi seperti ini, untuk bisa membantunya agar bisa tidur, posisikan tubuhnya agak tegak dan sandarkan kepala bayi pada dada atau pundak anda, dengan cara ini bayi bisa bernafas lebih baik, dan juga berikan waktu tidur yang lebih banyak untuk bayi, itu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat kesembuhannya,

Banyak cara untuk mengatasi penyakit pilek pada bayi, kita bisa melakukannya dengan cara yang alami atau menggunakan alat khusus dan bahan tertentu, gunakanlah dengan cara yang tepat dan efisien, karena tubuh bayi masih sangat sensitif dengan hal baru yang menyetuh kulitnya, tetapi jika tidak segera diatasi, pilek akan bertambah parah seperti terkena iritasi dan bertambahnya penyakit yang muncul menganggu sistem imun bayi juga bisa menganggu jalur pernafasan si bayi. Cara mengatasi pilek pada bayi bisa dilakukan ketika kondisi bayi sudah mulai menurun dan lebih baik lagi jika dilakukan sebelum kondisi bayi mulai menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *