Cara Membuat Anak Cerdas menurut Islam dan Doa Supaya Anak Cerdas dan Soleh

Memiliki anak cerdas dan santun memang dambaan setiap orang tua. Anak cerdas tentu saja tidak hanya pandai dalam hal akademik tetapi juga memiliki etika yang baik bagi orang sekitar. Dengan memberikan si kecil nutrisi yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup, ini akan membantu menstimulasi perkembangan otak anak sehingga ia tumbuh menjadi anak yang pintar. Namun, mendidik tidak hanya cerdas secara akademik saja. Para Ibu sebaiknya harus memberikan didikan pengetahuan dasar islam sejak kecil. Anak yang dididik berdasarkan syariat islam tentu akan memiliki bekal etika yang baik dengan orang-orang yang ada disekitarnya.

Cara Membuat Anak Cerdas menurut Islam dan Doa Supaya Anak Cerdas dan Soleh

Agar memiliki Anak cerdas yang tidak sekedar dilingkungan akademik,  maka sejak kecil harus mendapatkan didikan berdasarkan islam. Sebagai orang tua, Anda juga dapat mengajari anak beberapa ajaran islam yang menjadi bekal kehidupannya. Tidaklah sulit untuk mengenalkan anak dengan ajaran-ajaran islam, asal para orang harus lebih sabar dalam mendidiknya. Inilah cara membuat anak cerdas menurut islam:

Cara Membuat Anak Cerdas Menurut Islam

1. Mengajarinya Shalat Sejak Dini

Terkadang kita sering melihat anak kecil yang sudah mulai dibawa Ibunya untuk berjamaah di masjid. Walau anak hanya sekedar duduk saja karena belum wajib untuk menjalankan shalat, hal ini justru bagus. Biarkan anak kenal dengan masjid dan memperhatikan gerakan shalat. Hal ini perlahan akan membuat anak mengerti dengan sendirinya.

2. Mengajari Berpuasa

Sedari kecil sebaiknya ajari anak untuk latihan berpuasa. Mulai dari puasa setengah hari dulu. Manfaat melatih anak berpuasa sangatlah penting agar anak lebih bisa mengendalikan diri dan lebih sabar. Jika ini dimulai dari kecil, maka ia akan memiliki karakter yang bagus dimasa perkembangannya.

3. Mengajari Membaca Al-Quran

Sebelum anak-anak lancar membaca Al-Quran sebaiknya kenalkanlah dengan Igro. Setelah ia betul-betul dapat membedakan huruf arab, barulah mengajarkan untuk mengaji setelah selesai shalat. Cara ini dapat membantu meningkatkan daya ingat anak. Selain meningkatkan daya ingat anak yang akan berpengaruh pada bidang akademik, ini juga akan menjadi kebiasaan bagi anak agar tidak lupa membaca al-quran sebagai pedoman hidup.

4. Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Sebagai orang tua sudah semestinya untuk mengajari kebaikan pada anak karena akan menjadi bekal kehidupannya kelak. Salah satunya dengan lebih menghargai orang yang lebih tua. Dari sini kita sudah mengajarkan etika yang baik untuk anak agar sopan terhadap orang lain.

5. Mengajarkan Tentang Mana Yang Baik dan Mana Yang Buruk

Agar Anak senantiasa nurut dan selalu mendengar nasehat orang tua. Sebaiknya untuk selalu mengajarkan bagaimana membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Mengajarkan hal ini sejak kecil akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak yang lebih cerdas.

Mengajari anak berdasarkan prinsip secara islam memang harus dimulai sejak kecil agar lebih mudah. Masa kecil merupakan  masa yang paling tepat dalam mengajarkan anak soal etika dan lain-lain. Ini juga ditunjang dari doa orang tua agar anak tumbuh dengan cerdas dan sholeh maupun sholehah.

Doa Supaya Anak Cerdas dan Sholeh atau Sholelah

Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqoh, wa ‘aaliman ‘amilan

Arti dari doa tersebut adalah sebagai berikut,

“Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk”. (HR.Abu Daud 3371)

Sebagi orang tua yang ingin anaknya cerdas, jangan lupa untuk membaca ayat tersebut setelah shalat agar dimudahkan dalam mendidik anak sesuai dengan syariat islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *